hard computing

Posted by Friendshit | Posted in | Posted on 18.46

Dalam artikel ini penulis sangat sukar mencari istilah dasar untuk mendefinisikan apa itu hard computing, namun setelah memahami definisi soft computing, yang merupakan kebalikan dari hard computing dan saat ini lebih popular, penulis mulai memahami arti dari hard computing ini.

Pada penulisan saya sebelumnya tentang soft computing, dijelaskan bahwa soft computing merupakan metode yang dapat mengolah data-data yang bersifat tidak pasti, impresisi dan dapat diimplementasikan dengan biaya yang murah (low-cost solution). Dan intinya adalah soft computing sebagai salah satu bidang komputasi yang menggunakan solusi non-eksak untuk memecahkan perhitungan yang sangat kompleks seperti identifikasi DNA dalam bidang biologi, atau penemuan bintang dalam bidang astronomi.

Pada dasarnya teknik dalam ilmu soft computing dikembangkan dari teknik hard computing, sebenarnya perbedaan antara hard computing dengan soft computing adalah dimana cara penyelesaiannya. Dimana apabila hard computing cara penyelesaiannya masih menggunakan metode komputerisasi secara kovensional atau boleh dibilang tradisional

Berbeda dengan soft computing, hard computing menggunakan metode eksak untuk memecahkan masalah komputasi. Metode eksak disini adalah algoritma statis yang hasilnya harus selalu sama dengan prediksi yang dilakukan manusia sebelumnya, jika tidak maka algoritma tersebut dianggap gagal. Jadi metode hard computing ini dapat bekerja dengan baik yang memiliki kepastian, keakuratan maupun kebenaran parsial pada data yang diolah.

Comments (0)

Posting Komentar